Kemampuan Yang Perlu Disiapkan Untuk Memasuki Dunia Kerja

Mempersiapkan skills atau kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja, memulai karir, dan berkarir membutuhkan waktu yang tidak instan. Kamu perlu memulainya sedini mungkin. Nah agar kamu tidak bingung dan bisa memahami apa saja sih kemampuan penting yang perlu dipelajari dan di asah, simak artikel ini sampai selesai ya.

Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia mendefinisikan employability skills adalah sebagai kemampuan yang mendukung implementasi suatu pekerjaan ditempat bekerjanya. Kepmen Ketenagakerjaan RI No.161 tahun 2015, berfokus pada aspek-aspek berikut ini sebagai acuan dasar kelas utamanya, yaitu Communication, Team Work, Problem Solving, Initiative & Enterprise, Planning & Organizing, Self Management, Learning, and Technology.

  1. Communication
    Adalah kemampuan untuk membangun hubungan yang harmonis antara pekerja dengan dan menciptakan hubungan yang membuat dirimu berkontribusi, menjadi individu yang produktif. Komunikasi tidak sekedar mampu berbicara, tetapi juga tentang komunikasi dua arah yaitu kemampuan menyampaikan gagasan (ide, pendapat, kritik beserta saran) sekaligus menjadi pendengar yang baik. Selain itu hal yang juga perlu dipahami mencakup etika berbicara (penggunaan kosa kata, gestur, intonasi, pola komunikasi) dan cara menyampaikan sesuatu secara jelas sehingga dipahami oleh orang lain ketika presentasi atau public speaking.
     
  2. Team Work
    Adalah kemampuan untuk bekerja didalam tim yang mencakup mampu menjalin hubungan baik dan memberikan kontribusi bagi tujuan bersama atau hasil yang ingin dicapai. Kemampuan ini perlu dilatih dengan praktik nyata bekerja bersama dengan orang lain seperti kerja kelompok atau pembuatan projek. Kemampuan bekerja dalam tim ini mencakup kemampuan mengenal diri, mengenal orang lain, toleransi, dan kolaborasi.
     
  3. Problem Solving
    Adalah kemampuan untuk menangani dan menyelesaikan permasalahan yang muncul, melakukan atau membuat sesuatu sehingga permasalahan tersebut dapat menjadi sesuatu yang berguna. Ini berarti bahwa tidak hanya sekedar berani menghadapi masalah tetapi juga perlu mampu mengambil sikap yang tepat dimana dapat membuat sebuah permasalahan menjadi pintu perubahan yang baik, memajukan, dan mengembangkan.
     
  4. Initiative & Enterprise
    Adalah kemampuan mendorong diri sendiri untuk berperan aktif dan membuat keluaran yang inovatif. Mau berkontribusi tanpa perlu ditarik atau didorong terlebih dahulu oleh faktor eksternal di luar diri. Aspek ini menekankan tentang kesadaran diri, motivasi yang muncul dari dalam diri, dan menggerakkan diri sendiri.
     
  5. Planning & Organizing
    Adalah kemampuan untuk membuat suatu rencana dan mengorganisir untuk keperluan jangka pendek maupun jangka panjang. Kemampuan ini sangat diperlukan untuk membuat suatu tujuan terukur, sehingga dapat membuat sebuah proses yang dilakukan efektif dan efisien.
     
  6. Self Management
    Adalah kemampuan yang berkaitan dengan kepuasan dan pengembangan diri, termasuk di dalamnya kemampuan mengendalikan dan mengelola diri untuk membuat proporsi prioritas. Hal ini tentang pemilihan sikap yang sedang dilakukan atau hendak dilakukan, baik dari segi pikiran, ucapan, maupun tindakan. Seseorang yang kurang memiliki kemampuan ini akan cenderung kebingungan karena segala aktivitas yang hendak dikerjakan tidak terencana atau tertata secara baik. Akan bingung apa yang harus dirinya kerjakan? Harus dari mana memulai, apa yang mau dicapai.
     
  7. Learning
    Adalah kemampuan belajar untuk meningkatkan kompetensi-kompetensi yang berguna bagi dirinya maupun perusahaan atau tempatnya berada. Umumnya belajar hanya dilabeli dengan menempuh Pendidikan formal, padahal sebenarnya belajar adalah sebuah proses yang bisa dilakukan di manapun dan kapanpun dari siapapun. Sebagai contohnya adalah menemukan insight, menambah pengetahuan, dan meningkatkan kemampuan dari sebuah kejadian, percakapan, penglihatan, maupun permasalahan dan tantangan.
     
  8. Technology
    Adalah kemampuan untuk menggunakan kemajuan teknologi sehingga dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien. Di era digital saat ini bisa dibilang tidak bisa terlepas dari penggunaan alat serta teknologi tersistem seperti mesin, kendaraan, robot, internet, aplikasi, dll. Kemampuan teknis dalam hal ini sangatlah diperlukan, tidak sekedar mampu menggunakan tetapi juga mampu memahami tujuan serta fungsi teknologi yang sedang digunakan atau diperlukan menjadi sesuatu yang penting.

Kedelapan aspek tersebut jelas tidak bisa dimiliki dan dikuasai dalam semalam, sehari, atau sebulan ya. Jadi jika kamu telah mengetahuinya, mulailah memilih kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan dan mengasah kedelapan kemampuan tersebut ya.

Related posts

Sertifikasi : Bergelar Microsoft Certified Fundamental (MCF) dan Microsoft Office Specialist (MOS).

by pusatkarir
1 year ago

Webinar : Pentingnya Sertifikasi IT di Dunia Kerja

by pusatkarir
2 years ago

Pelatihan : Animasi 3D Menggunakan Blender

by pusatkarir
2 years ago
Exit mobile version